RESEP PUDING ROTI

Sejak sukses pada percobaan pertama bikin puding roti ini, bawaannya pengen bikin melulu kalo liat ada stok roti, telur, dan susu. Bahan utamanya itu aja sih, sisanya bahan pelengkap yang boleh dipakai, boleh nggak. Jauh lebih enak kalau dipakai.

Bahan:
* 4 lembar roti tawar. Mau yang berkulit boleh, nggak juga boleh.
* 2 butir telur ukuran sedang, kocok lepas.
* 300 ml susu cair putih. Bisa pakai susu cair kemasan, susu bubuk dicairin, atau susu kental manis dicairin. Bebas, sob.
* ½ cup gula. Ini takarannya disesuaikan aja, kalo seneng manis ya ditambah aja.
* 1 sdm margarin dan 1 sdm butter, dicairkan.
* 1 bks vanilla, buat wangi-wangiin, opsional.

Pelengkap:
* Kismis, meises, pisang yang sudah dihancurkan. Boleh pakai salah satu aja, atau semuanya, bebas. Gue lenih sering pakai kismis.

Cara:
* Sobek-sobek roti tawar, gak usaj pakai perasaan, biasa aja. Taruh di mangkok yang agak besar.
* Tuang susu, aduk-aduk sampai roti hancur.
* Tuang telur kocok, aduk.
* Tuang pelengkap, aduk.
* Tuang gula dan mentega+butter cair, aduk merata.
* Ambil loyang atau pinggan tahan panas, oles dengan butter, tuang adonan.

Nah untuk langkah terakhir ini ada dua pilihan: kukus atau panggang.

Bedanya dihasil akhir. Kalau kukus, hasil akhirnya halus dan licin seperti selayaknya puding. Kalau panggang, hasil akhirnya jadi kayak cake bantet gitu, kasar. Gue sendiri lebih suka yang dikukus.

* Kalau mau kukus: panaskan kukusan, taruh loyang/pinggan, tutup. Kukus sekitar 30 menit.
* Kalau mau panggang: panaskan oven, taruh loyang/pinggan, panggang sampai matang. Berhubung gak pernah bikin pakai oven, jangan tanya gue ukuran panas dan lamanya manggang XD

* Setelah matang, angkat loyang/pinggan, diamkan sampai puding dingin, baru balik loyang/pinggannya buat ngeluarin puding. Kalo panas-panas udah dipaksa mau dikeluarin dari wadah, suka ancur gitu.

Udah. Makan deh.

RESEP PUDING ROTI

Sejak sukses pada percobaan pertama bikin puding roti ini, bawaannya pengen bikin melulu kalo liat ada stok roti, telur, dan susu. Bahan utamanya itu aja sih, sisanya bahan pelengkap yang boleh dipakai, boleh nggak. Jauh lebih enak kalau dipakai.

Bahan:
* 4 lembar roti tawar. Mau yang berkulit boleh, nggak juga boleh.
* 2 butir telur ukuran sedang, kocok lepas.
* 300 ml susu cair putih. Bisa pakai susu cair kemasan, susu bubuk dicairin, atau susu kental manis dicairin. Bebas, sob.
* ½ cup gula. Ini takarannya disesuaikan aja, kalo seneng manis ya ditambah aja.
* 1 sdm margarin dan 1 sdm butter, dicairkan.
* 1 bks vanilla, buat wangi-wangiin, opsional.

Pelengkap:
* Kismis, meises, pisang yang sudah dihancurkan. Boleh pakai salah satu aja, atau semuanya, bebas. Gue lenih sering pakai kismis.

Cara:
* Sobek-sobek roti tawar, gak usaj pakai perasaan, biasa aja. Taruh di mangkok yang agak besar.
* Tuang susu, aduk-aduk sampai roti hancur.
* Tuang telur kocok, aduk.
* Tuang pelengkap, aduk.
* Tuang gula dan mentega+butter cair, aduk merata.
* Ambil loyang atau pinggan tahan panas, oles dengan butter, tuang adonan.

Nah untuk langkah terakhir ini ada dua pilihan: kukus atau panggang.

Bedanya dihasil akhir. Kalau kukus, hasil akhirnya halus dan licin seperti selayaknya puding. Kalau panggang, hasil akhirnya jadi kayak cake bantet gitu, kasar. Gue sendiri lebih suka yang dikukus.

* Kalau mau kukus: panaskan kukusan, taruh loyang/pinggan, tutup. Kukus sekitar 30 menit.
* Kalau mau panggang: panaskan oven, taruh loyang/pinggan, panggang sampai matang. Berhubung gak pernah bikin pakai oven, jangan tanya gue ukuran panas dan lamanya manggang XD

* Setelah matang, angkat loyang/pinggan, diamkan sampai puding dingin, baru balik loyang/pinggannya buat ngeluarin puding. Kalo panas-panas udah dipaksa mau dikeluarin dari wadah, suka ancur gitu.

Udah. Makan deh.

SEMUR TAHU TELUR

Karena yang dimasakin gak terlalu suka manis dan lebih suka pedas, maka jumlah cabe yang dipakai mungkin terlihat…..lebay.

Bahan:
* 3 butir telur, rebus hingga matang
* 1 buah tahu putih ukuran besar, dipotong jadi delapan. Bisa digoreng dulu sampai berkulit kalau mau, tadi sih nggak.
* 2 sdm kecap manis kental
* 2 gelas air
* Garam + gula sesuai selera

Bumbu yang digerus halus
* 10 buah cabai rawit yang oranye/kuning
* 7 butir bawang merah ukuran sedang
* 5 butir bawang putih
ukuran sedang
* 2 sdt lada butir
* 1 butir pala
* 1 sdt kemiri

Cara:
* Bumbu halus ditumis sampai harum
* Masukkan telur yang sudah direbus dan dikupas kulitnya. Aduk.
* Masukkan tahu. Aduk.
* Tuang air. Aduk
* Masukkan kecap, garam, gula (tadi gak pakai gula sih, soalnya kecapnya udah manis). Aduk.
* Kecilkan api, aduk sesekali, biarkan sampai matang.
* Jangan lupa dimakan.

SEMUR TAHU TELUR

Karena yang dimasakin gak terlalu suka manis dan lebih suka pedas, maka jumlah cabe yang dipakai mungkin terlihat…..lebay.

Bahan:
* 3 butir telur, rebus hingga matang
* 1 buah tahu putih ukuran besar, dipotong jadi delapan. Bisa digoreng dulu sampai berkulit kalau mau, tadi sih nggak.
* 2 sdm kecap manis kental
* 2 gelas air
* Garam + gula sesuai selera

Bumbu yang digerus halus
* 10 buah cabai rawit yang oranye/kuning
* 7 butir bawang merah ukuran sedang
* 5 butir bawang putih
ukuran sedang
* 2 sdt lada butir
* 1 butir pala
* 1 sdt kemiri

Cara:
* Bumbu halus ditumis sampai harum
* Masukkan telur yang sudah direbus dan dikupas kulitnya. Aduk.
* Masukkan tahu. Aduk.
* Tuang air. Aduk
* Masukkan kecap, garam, gula (tadi gak pakai gula sih, soalnya kecapnya udah manis). Aduk.
* Kecilkan api, aduk sesekali, biarkan sampai matang.
* Jangan lupa dimakan.

Pada dasarnya gue hanya suka dandan kalo pas sempet dan lagi centil aja pengen dandan. Di luar itu kadang keluar rumah cuma sisiran dan nguncir rambut. Selain pake baju dan celana. Jadi ya biasanya makeup gue dasar aja, bedak, lipstik, maskara.

Sampai kemudian kenalan sama eyeliner.

Oh duluuuu banget gue pernah pake eyeliner, tapi blepotan gak rapi-rapi. Trus kapok. Baru tertarik lagi sama eyeliner dua tahun belakangan ini.

Percobaan pertama, pake yang bentuknya spidol. Mungkin gue salah cara makenya ya, tapi eyeliner bentuk ini buat gue siksaan dah. Sakit dipake di kelopak mata. Lalu beralih ke pensil. Nah, yang ini enak nih, hasil gak terlalu dramatis (cukup di Twitter aja gue drama, di mata jangan) dan lebih gampang makenya. Tapi…. Kudu rajin-rajin diserut. Tangan gue kan biasa buat nyerut pensil nulis ya, sering lupa kekuatannya kudu beda sama kalo nyerut eyeliner. Udah aja patah melulu. Abis melulu.

Kemudian ketemu yang namanya eyeliner cair yang pake kuas. Nah duluuu itu, yang bikin gue kapok adalah pemakaian eyeliner cair ini. GIMANA YAAA CARANYA BIAR GAK BLEPOTAN?! Tapi atuhlah masa gak muvon sama eyeliner. Gak boleh.

Nyoba deh merek beken yang berinisial M. Kuasnya bulunya tebel dan kaku gitu, mirip eyeliner spidol jadinya. Sakit di mata iya, rapih kagak.

Kemudian pas jalan-jalan liat toko eceran kosmetik, ketemu si My Darling. Iya mereknya apa deh banget :))) Tapi hasilnya gak apadeh loh.

Kuasnya berbentuk bulu halus dan tipis. Jadi mau pakai tebel bisa, tipis pun hayuk. Trus dia gak gampang luntur kena air, waterproof. Cuma gak oilproof ya, secara kulit gue berminyak, suka rada cepet luntur. Dan, ini penting, MURAH! Tadi beli cuma 18rb harganya. Tapi gue gak rekomen sih kalo buat buru-buru, soalnya keringnya rada lama, kudu nunggu beberapa detik. Eh apa emang gitu pake eyeliner cair? XD

Ya daripada beli yang merek beken, maal, tapi gue gak nyaman makenya. Ya udah langganan si My Darling aja XD

Trus tadi gue iseng ngetweet soal My Darling ini, ternyata banyak yang make. I’m not alone :’)

Di foto ini penampakannya My Darling, tuh liat kuasnya, kece kan.

Pada dasarnya gue hanya suka dandan kalo pas sempet dan lagi centil aja pengen dandan. Di luar itu kadang keluar rumah cuma sisiran dan nguncir rambut. Selain pake baju dan celana. Jadi ya biasanya makeup gue dasar aja, bedak, lipstik, maskara.

Sampai kemudian kenalan sama eyeliner.

Oh duluuuu banget gue pernah pake eyeliner, tapi blepotan gak rapi-rapi. Trus kapok. Baru tertarik lagi sama eyeliner dua tahun belakangan ini.

Percobaan pertama, pake yang bentuknya spidol. Mungkin gue salah cara makenya ya, tapi eyeliner bentuk ini buat gue siksaan dah. Sakit dipake di kelopak mata. Lalu beralih ke pensil. Nah, yang ini enak nih, hasil gak terlalu dramatis (cukup di Twitter aja gue drama, di mata jangan) dan lebih gampang makenya. Tapi…. Kudu rajin-rajin diserut. Tangan gue kan biasa buat nyerut pensil nulis ya, sering lupa kekuatannya kudu beda sama kalo nyerut eyeliner. Udah aja patah melulu. Abis melulu.

Kemudian ketemu yang namanya eyeliner cair yang pake kuas. Nah duluuu itu, yang bikin gue kapok adalah pemakaian eyeliner cair ini. GIMANA YAAA CARANYA BIAR GAK BLEPOTAN?! Tapi atuhlah masa gak muvon sama eyeliner. Gak boleh.

Nyoba deh merek beken yang berinisial M. Kuasnya bulunya tebel dan kaku gitu, mirip eyeliner spidol jadinya. Sakit di mata iya, rapih kagak.

Kemudian pas jalan-jalan liat toko eceran kosmetik, ketemu si My Darling. Iya mereknya apa deh banget :))) Tapi hasilnya gak apadeh loh.

Kuasnya berbentuk bulu halus dan tipis. Jadi mau pakai tebel bisa, tipis pun hayuk. Trus dia gak gampang luntur kena air, waterproof. Cuma gak oilproof ya, secara kulit gue berminyak, suka rada cepet luntur. Dan, ini penting, MURAH! Tadi beli cuma 18rb harganya. Tapi gue gak rekomen sih kalo buat buru-buru, soalnya keringnya rada lama, kudu nunggu beberapa detik. Eh apa emang gitu pake eyeliner cair? XD

Ya daripada beli yang merek beken, maal, tapi gue gak nyaman makenya. Ya udah langganan si My Darling aja XD

Trus tadi gue iseng ngetweet soal My Darling ini, ternyata banyak yang make. I’m not alone :’)

Di foto ini penampakannya My Darling, tuh liat kuasnya, kece kan.